Wisata Kuliner Pedas saat berkunjung ke jogja

Selain pemandangan alam yang luar biasa ini juga memiliki makanan khas. Kota pelajar ini juga terkenal dengan makanannya yang relatif manis, sebut saja gudeg. Gudeg merupakan masakan menggunakan bahan nangka muda yang dimasak dengan gula merah dan bumbu lainnya. Memang tak semua orang suka dengan kuliner dengan citarasa manis ini, namun kamu jangan khawatir.

Kamu bisa menemukan gudeg dengan cita rasa yang luar biasa pedas. Salah satunya adalah Gudeg Mercon Ibu Tinah. Gudeg ini merupakan salah satu ikon kuliner pedas di jogja. Rasanya yang manis dan pedas membuat nafsu makan meningkat. Dan tentu banyak sekali kuliner pedas lainnya yang tersebar di Yogyakarta berikut ini adalah kuliner pedas yg kami dapatlan dari berbagai sumber.

 

1. Angkringan Lik Man

Yang pertama Lik Man Angkringan bukanlah kata yang asinglagi . Angkringan tak hanya menjadi tempat kuliner rakyat yang ekonomish, namun juga sudah menjadi sebuah budaya. Di angkringan atau tempat nongkrong, masyarakat bisa berkumpul dan berbincang tentang apa saja, mulai dari sepak bola sampai berita politik . Angkringan dapat dengan mudah Anda temui di Yogyakarta, namun ada satu angringan yang istimewa yaitu Angkringan Lik Man.

Apa istimewanya Angkringan Lik Man? Angkringan Lik Man merupakan angkringan pertama di Yogyakarta sejak tahun 1969. Menu yang disajikan pun sama dengan angkringan pada umumnya seperti sego (nasi) kucing, sate telur puyuh dan aneka gorengan. Tapi ada yang satu sajian yang berbeda, yaitu Kopi Joss.

Kopi Joss salah satu menu andalan di ankringan lik man ini. Cara penyajian kopi ini sangat unik karena kopi akan dicampur dengan arang yang masih panas  membara. Bunyi ‘joossss’ yang dihasilkannya inilah yang membuatnya disebut dengan Kopi Joss. Kopi Joss memiliki rasa unik yang khas dan tak dimiliki kopi lainnya. 

 

2. Warung Gudeg Mercon Bu Tinah

Gudeg adalah kuliner yang harus di coba saat berada di Jogja. kamu bisa mampir ke warung Gudeg Mercon Bu Tinah Kamu akan merasakan gudeg yang berbeda karena gudeg di sini sudah custom dimodifikasi dengan tumpukan cabai yang tidak sedikit. rasanya pedas sekali.

Karena cita rasa yang unik ini, banyak wisatawan rela antre untuk mencicipi gudeg ini. Harga per porsi sekitar Rp 15 ribu hingga Rp 25 ribu tergantung lauk yang dipilih. Lauknya sendiri beragam seperti sate, ceker, telur, gorengan, ayam kampung, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ingat, jika ingin makan di sini harus sabar karena biasanya antreannya sangat panjang.

 

3. Gudeg Yu Yam

Selain Gudeg Mercon Bu Tinah, Yu Yam juga memiliki gudeg bercita rasa pedas. Warung ini bahkan menjadi tempat makan para pesohor Ibukota.

Gudeg Yu Yam ini sangat populer bisa dibilang jadi pelopor gudeg rasa pedas. Bukan hanya gudeg mercon, di sini juga terdapat

menu mercon lainnya seperti mercon tempe, mercon daun pepaya, mercon usus, dan mercon kikil.

Uniknya, gudeg di sini diberi bumbu kacang di atasnya sehingga terasa unik di lidah.

 

4. Sop Merah

Sop Merah ini sudah ada sejak tahun 1993 dan menjadi menu yang sering di kunjungi dan banyak diminati wisatawan saat berada di Jogja.

Makanan ini disebut Sop Merah karena kuahnya yang berwarna merah dan rasanya yang pedas.

Sop Merah ini berisi ayam, irisan wortel, kubis, daun bawang dan bawang goreng yang nikmat.

Pengunjung bisa memilih bagian ayam yang diinginkan seperti sayap, ceker, ati ampela, dada atau paha.

Untuk urusan harga, dibanderol mulai dari Rp 7 ribu hingga Rp 35 ribu tergantung isiannya (lauknya) 

 

5. Oseng Mercon Bu Narti

Cabai yang lebih dominan dalam masakan Oseng Mercon Bu Narti. Ia meracik bahan cabai dalam oseng merconnya yang terdiri dari kikil, gajih, kulit, dan tulang muda. Minyak, cabai, dan bumbu lainnya yang Bu Narti racik dijamin bikin pengunjung ingin nambah .

Selain oseng mercon, Bu Narti juga punya menu penyet yang juga memiliki  kepedasan yang tak biasa.

Untuk menikmati hidangan pedas Bu Narti, pengunjung hanya membayar menu per porsi sekitar Rp 15 ribu.


Share